Pindai Barcode Produk Konsumsi Dengan Mudah

By | March 11, 2018

Dalam kinerja operasional toko, terdapat satu proses penting dalam hal penjualan. Satu proses tersebut yaitu terdapat pada bilik kasir. Alat kasir seperti barcode scanner mudah didapat karena sudah banyak yang jual barcode scanner. Dengan alat tersebut kasir dengan mudah menunjukkan harga produk atau barang jualan kepada konsumen dan menerima pembayaran konsumen. Dalam kerjanya, kasir membutuhkan alat tersebut yang berfungsi untuk memberitahu harga tiap produk jual. Barcode scanner ini merupakan alat yang dapat memindai kode tertentu. Kode disini merupakan kode garis yang terdapat pada semua produk jualan.

Cara Konvensional Dibanding Cara Terbaru Penjualan Melalui Kasir

Walaupun sudah banyak toko yang jual barcode scanner, masih terdapat toko kecil yang masih menggunakan cara yang lebih tradisional dibanding dengan menggunakan barcode scanner. Cara tersebut antara lain dengan menggunakan kode penjualan barang dan nama dari produk yang dijual. Biasanya owner toko membuat kode khusus pada barang tertentu yang nantinya akan diinfokan kepada kasir, selanjutnya kasir menggunakan informasi kode khusus tersebut untuk menentukan harga barang. Hal tersebut dirasa mudah karena kode tersebut hanya terdiri dari beberapa angka dan perpaduan angka tersebut sudah dicetak sebagai informasi yang dibutuhkan kasir. Jadi kasir hanya perlu melihat produk ini mempunyai kode angka yang mana, baru setelah itu bisa menentukkan harganya. Selain dari kode khusus, owner toko masih ada yang menggunakan nama barang sebagai patokan penentuan harga. Kasir harus mengetahui semua nama barang yang dijual. Dari nama barang tersebut terdapat harganya sendiri-sendiri. Selanjutnya hampir sama dengan penggunaan kode khusus barang, kasir menentukan harga barang dari nama barang yang nantinya diberitahukan ke konsumen. Dapat dilihat cara kerja tersebut walaupun dirasa sederhana, ternyata ada yang lebih mudah, yaitu dengan penggunaan barcode scanner.

Penggunaan barcode scanner tentunya lebih mudah, karena hanya mengandalkan kode garis yang terdapat pada semua barang dagangan. Semua barang yang dijual harus dimasukkan kode garis terlebih dahulu sebelum dijual, hal tersebut diperlukan tentunya untuk menunjang kinerja barcode scanner. Kasir hanya perlu menempelkan kode garis barang jual ke mesin barcode scanner, dan langsung terdapat informasi harga dari barang tersebut. Barcode scanner mudah didapat karena sudah banyak yang jual barcode scanner di toko-toko elektronik.