Persyaratan Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

By | February 15, 2018

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, menjadi PNS merupakan hal yang sangat didamba-dambakan. Ada beberapa alasan yang menjadikan hal ini terjadi, beberapa di antaranya yakni karena PNS memiliki gaji yang tetap dan bisa menjamin masa tua jika sudah tidak bekerja atau purna. Untuk melakukan pendaftaran CPNS, maka Anda bisa melihat panduan pendaftaran CPNS 2017 sebelumnya. Persyaratannya akan sama sehingga Anda bisa menjadikan bacaan tahun lalu sebagai pedoman Anda dalam melakukan pendaftaran. Perlu Anda ketahui bahwasanya jika ingin mengikuti tes CPNS dan ingin menjadi CPNS maka Anda harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan Anda memenuhi persyaratan ini, maka Anda bisa mendaftar sebagai CPNS. Persyaratannya tidaklah sulit, tetapi Anda tetap harus memperhatikannya dengan detail sehingga Anda tidak melakukan kesalahan dalam proses pendaftaran.

Inilah Beberapa Syarat Mendaftar CPNS!

Adapun persyaratan pendaftaran CPNS 2017 adalah sebagai berikut. Anda harus beridentitas sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Warga Negara asing tidak boleh mendaftar menjadi pegawai negeri meskipun telah lama menetap di Indonesia. Usia pendaftar CPNS minimal adalah 18 tahun dan maksimal yakni 35 tahun hingga tanggal pendaftaran tersebut. Anda juga harus memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta/ Luar Negeri yang telah mendapatkan pengakuan yang sah dari Kemendikbud. Akreditasi Perguruan Tinggi harus tercantum, sehingga jika belum terdapat pada ijazah, maka perlu melampirkan fotocopy akreditasi. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) untuk PTN adalah 2,70 sedangkan untuk PTS adalah 2,90. Namun jika Anda mendaftar sebagai penyuluh KB maka IPK Anda minimal 3,0 untuk PTN dan 3,20 untuk PTS. Anda harus memiliki fisik dan mental yang sehat dan kuat, sehingga akan mempermudah dalam proses rekrutmen dan penerimaan nantinya. Anda tidak pernah terlibat langsung dengan organisasi terlarang, tidak pernah terkena kasus pidana atau narkoba, dan tentunya tidak pernah bekerja dan dikeluarkan dengan cara tidak hormat sebagai PNS maupun pegawai swasta.

Itulah beberapa syarat pendaftaran CPNS 2017 yang bisa dijadikan pedoman bagi Anda. Jika Anda ingin lancar dalam mendaftar CPNS, maka Anda harus benar-benar memahami akan persyaratan tersebut. Dan untuk pendaftaran, maka Anda juga perlu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk dilampirkan dalam formulir online. Jika Anda tidak memenuhi satu syarat saja, maka Anda tidak bisa mendaftar menjadi CPNS.