Mencegah Terjadinya Baby Blues

By | February 11, 2018

Panduan bayi selalu dimanfaatkan oleh mereka yang baru menjadi orang tua yang tentunya baru memiliki momongan. Tentu akan menyenangkan memiliki momongan yang lucu dan sehat. Dan pastinya hari-hari akan selalu disibukkan dengan mengasuh si kecil. Memang tidak dipungkiri dalam mengasuh bayi tidak hanya menguras tenaga namun juga menguras waktu dan emosi terutama pada awal-awal setelah melahirkan. Tentunya pola tidur akan berubah begitu juga pola makan, hampir seluruh jam tidur akan terganggu dan nyaris hilang yang kemungkinan akan membuat Bunda menjadi stress. Karena itulah peran serta keluarga dalam mengasuh bayi sangat diharapkan agar menghindari sang ibu mengalami baby blues.

Ciri-Ciri Menderita Baby Blues

Banyak ibu pasca melahirkan yang mengalami baby blues dan bisa dibilang semuanya terutama beberapa hari setelah melahirkan dan biasanya akan hilang pada minggu berikutnya. Karena itulah pentingnya panduan bayi untuk membantu Bunda dalam mengasuh bayi baru lahir. Memang tidak sedikit ibu yang mengalaminya lebih dari seminggu dan itu bisa dibilang mengkhawatirkan. Dan berikut ciri-cirinya;

  1. Rasa sedih yang tidak berkesudahan bahkan hanya karena masalah sepele bisa menangis sejadi-jadinya
  2. Selalu merasa kelelahan bahkan hingga selalu sakit kepala
  3. Mudah marah dan tersinggung dan selalu hilang kesabarannya
  4. Sulit untuk tidur meskipun sang bayi sudah terlelap tidur
  5. Merasa cemas yang tidak menentu.
  6. Selalu merasa kurang percaya diri dalam mengasuh bayi
  7. Merasakan takut yang berlebihan

Dan bila ibu mengalaminya lebih dari 2 minggu maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang lebih cepat. Untuk pencegahannya sebaiknya untuk selalu meminta bantuan pada keluarga terutama orang tua atau saudara perempuan Bunda untuk membantu Bunda dalam mengasuh dan membantu Bunda dalam berbagai hal. Dan peran serta suami juga harus dilibatkan agar dapat mengerjakan semuanya Bersama termasuk dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang selama ini biasa dilakukan ibu. Dan persiapkan pula berbagai keperluan setelah melahirkan pada saat kehamilan seperti mental Bunda, berbagai literatur sebagai panduan bayi bagi Bunda seperti majalah mengikuti forum ibu melahirkan dan sebagainya.