Beginilah Cara Tepat Supaya Bisa Terhindar Kanker Payudara

By | April 16, 2018

Seperti yang diketahui bersama, kanker payudara itu merupakan penyakit yang sangat rentan menyerang para wanita, terutama para wanita yang terkena menstruasi pertama kali sebelum berusia 12 tahun. Tak hanya itu, wanita yang terkena menopause setelah usia 55 tahun pun memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker payudara. Pernyataan ini telah dibenarkan oleh YKI (Yayasan Kanker Indonesia) bahwa perempuan yang mengalami menstruasi dini lebih besar peluangnya untuk mengalami kanker payudara. Kemudian wanita yang pertama kali hamil setelah 30 tahun pun memiliki peluang yang sama besarnya. Namun jangan khawatir, karena Anda masih bisa melakukan pencegahan seperti berikut.

Pencegahan Dini untuk Menghindari Kanker Payudara

Untuk pencegahannya bisa Anda lakukan dalam berbagai cara. Pertama, dengan menghindari stress. Karena pekerjaan ataupun ruang lingkup pendidikan, pasti menyebabkan banyak wanita merasa stress. Padahal stress seharusnya tidak boleh sampai terjadi. Pasalnya wanita yang sering mengalami stress pasti peluangnya lebih tinggi untuk terserang kanker payudara. Untuk itu jangan biarkan pikiran Anda berlarut-larut hanya untuk memikirkan permasalahan yang tidak ada ujungnya. Pencegahan yang kedua itu, menurunkan berat badan. Ketahuilah bahwa berat badan yang berlebihan juga bisa menyebabkan seorang wanita berisiko terkena kanker payudara. Untuk itu Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar berat badan tetap berada di garis ideal.

Pencegahan yang ketiga, dengan selalu menjaga pola makan. Tidak sedikit para wanita yang malas untuk menjaga pola makan karena tergiur dengan masakan-masakan unik dan hits. Padahal bisa saja makanan tersebut mengandung banyak zat penyebab kanker tanpa disadari. Untuk itu akan lebih baik jika Anda mengonsumsi sayur buah, bukan jajanan sembarangan yang Anda beli di emperan jalan atau supermarket. Kemudian jangan mengonsumsi alkohol. Seorang wanita yang mengonsumsi alkohol memiliki risiko terkena kanker sebesar 20 persen lebih tinggi. Untuk itu dari sekarang hindari minuman beralkohol. Selain itu jika Anda pun merokok, berhentilah. Minuman mengandung alkohol dan rokok benar-benar membuat benih-benih kanker tumbuh dengan sangat cepat.